Sempoa dan Matematika Mencegah Pikun

 

Hi Parents,

Kita semua pasti sepakat bahwa belajar matematika sangatlah efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dilansir dari situs lifestyle.kompas, ” Matematika dapat membantu mencegah dan mengatasi pikun, terutama pada mereka yang berusia lanjut. Membaca soal matematika sambil bersuara ternyata mampu mencegah pikun bertambah parah. Pada usia lanjut, umumnya akan terjadi penurunan kemampuan berpikir. Akan ada dua proses pada bagian otak untuk mengolahnya, yaitu kemampuan membaca soal dan angka-angka, mengoperasikan angka-angka tersebut, dan menggerakan tangan untuk menuliskan rumus, hitungan, dan hasil jawabannya. Hal sederhana ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan menurunkan tingkat keparahan pikun “

Jika matematika memiliki manfaat untuk mencegah pikun bagi orang dewasa, kenapa Anda tidak memulainya sedari dini. Ya, Anda pasti sangat setuju bahwa mempelajari Matematika sebagai kebiasaan sedari kecil akan memberi manfaat yang lebih besar untuk kemampuan otak SELAMANYA! Usia dini merupakan masa emas bagi berkembangnya otak. Segala yang dipelajari di usia dini, akan berpengaruh terhadap kualitas kinerja otak manusia ketika ia tumbuh dewasa. Oleh karenanya, setiap orangtua harus mendorong semangat anak untuk menyukai Matematika.

Mempelajari matematika sedari dini bisa melalui metode pembelajaran sempoa. Tahukah Anda? Dengan menggunakan sempoa, anak akan mempelajari metode berhitung dengan cepat menggunakan rumus tertentu. Terlebih, sempoa di masa kini lebih dikembangkan metode pembelajarannya agar kualitasnya lebih baik, seperti metode berhitung sempoa menggunakan dua tangan. Mengapa harus dua tangan? Karena dengan kedua tangan yang bergerak aktif, akan menstimulasi kinerja otak kiri dan kanan dengan lebih baik.

Mempelajari matematika menggunakan sempoa juga mampu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, daya imajinasi untuk mencegah pikun ketika usianya semakin dewasa.