CMA Mental Arithmetic Competition 2016 Press Release

CMA Competition 2016

Jakarta, Juni 2016 – Lembaga pendidikan kursus sempoa CMA sebagai pelopor metode sempoa dua tangan yang berasal dari Taiwan kembali menyelenggarakan ” CMA Mental Arithmetic Competition 2016 ” yang merupakan kompetisi tahunan  yang diikuti oleh murid-murid CMA untuk memperebutkan juara terbaik dalam ketangkasan berhitung mental aritmatika.   CMA Mental Arithmetic Competition 2016 diselenggarakan pada tanggal 12 Juni 2016 di Mall Alam Sutera, Tangerang dan diikuti oleh 200 peserta.

“Tahun ini merupakan tahun ketiga CMA menyelenggarakan kompetisi sempoa. Kami berharap kompetisi ini bisa meningkatkan minat belajar anak dan membantu memudahkan pemahaman konsep terhadap pelajaran matematika di sekolahnya serta memberikan rasa percaya diri dalam berkreativitas”, ujar Prescella Ang selaku Chief Executive Officer CMA Mental Arithmetic Indonesia. Selain itu, Prescella juga menjelaskan bahwa salah satu cara untuk memperkenalkan metode sempoa dua tangan kepada masyarakat sekaligus mewadahi anak dalam melatih kemampuan serta kompetensi anak dibidang matematika yaitu melalui kompetisi yang dilakukan di area publik seperti mal karena mereka dapat melihat langsung bagaimana metode ini memudahkan anak berhitung cepat, tepat, akurat dan menyenangkan.

Ada dua kategori kompetisi sempoa yang harus diikuti oleh peserta. Kategori pertama disebut Mental Session dimana para peserta harus mengerjakan tiga lembar soal dengan waktu yang telah ditentukan tanpa menggunakan alat berhitung sempoa. Peserta harus berkonsentrasi menghitung dengan mengandalkan image sempoa di otaknya.  Kategori kedua disebut Abacus Session dimana  para peserta dapat mengerjakan tiga lembar soal dalam waktu yang telah ditentukan dengan menggunakan alat berhitung sempoa atau tanpa alat tersebut seperti pada kategori pertama.

Yang menarik di tahun ini, ” CMA Mental Arithmetic Competition 2016 ”  juga mengumumkan Best Teacher dan Teacher Award Online. Penghargaan Best Teacher diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja guru sedangkan Teacher Online Award yang merupakan hasil dari kompetisi online di situs www.cma.com.tw yang diikuti semua guru CMA di seluruh dunia. Selesai pengumuman Best Teacher dan Teacher Online Award, acara dilanjutkan dengan Aural Competition dan Cupcake Decoration.

Para siswa yang menjadi juara CMA Mental Arithmetic Competition biasanya ikut berkompetisi di CMA Mental Arithmetic International Olympiad yang rutin diadakan setiap tahunnya di Singapore dan diikuti oleh 5-6 negara sesama CMA Mental Arithmetic