Apakah Anak Anda Termasuk Generasi Alpha?

Apa itu generasi  alpha?

1.Anak-anak dalam generasi ini merupakan kelahiran tahun 2010 ke atas dengan usia tertua di tahun 2019 ialah 9 tahun.

  1. Kelahiran generasi Alpha sudah mencapai laju 2,5 juta kelahiran per minggu di dunia.
  2. Generasi pertama yang lahir di dunia digital, generasi yang sudah akrab dengan keberadaan teknologi digital.

Generasi alpha merupakan generasi pertama yang lahir di dunia digital, generasi yang sudah akrab dengan keberadaan teknologi digital. Walaupun begitu, ternyata generasi alpha ini tidak terlalu kecanduan dengan teknologi, tidak seperti orang tua mereka (generasi milenial) yang sangat ketergantungan dengan teknologi digital. Adapun menurut lembaga penelitian sosial di Australia Mc Crindle, kelahiran generasi Alpha sudah mencapai laju 2,5 juta kelahiran per minggu. Anak-anak dalam generasi ini merupakan kelahiran tahun 2010 ke atas dengan usia tertua di tahun 2019 ialah 9 tahun.

Dibesarkan pada era di mana teknologi selalu berkembang secara konstan, generasi alpha dapat menjadi peran penting yang sangat berpengaruh terhadap berbagai industri untuk terus berevolusi dan menciptakan inovasi terbaru.

Generasi Alpha juga memberikan dampak pada dinamika dunia. Dengan mudahnya akses dan komunikasi secara global, anak-anak yang termasuk generasi ini mungkin akan lebih mampu memperluas kemampuan komunikasi linguistik mereka.

 

Kelebihan dan Kekurangan generasi alpha

Kelebihan

  1. Lebih Fleksibel

Generasi alfa akan mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan keadaan sekitar Kemampuan mereka dalam membangun suasana tidak perlu diragukan lagi. Pada umumnya mereka lebih mudah membangun suasana di tempat yang baru.

  1. Mudah Mendapatkan Informasi

Dengan tersedianya teknologi yang sangat canggih membuat generasi alpa mudah dalam mendapatkan sebuah informasi.

Segala hal yang perlu mereka pelajari sudah tersedian di internet dan banyak media yang mendukung mereka dalam meningkatkan pengetahuan.

  1. Berpengaruh Terhadap Lingkungan

Dalam keberadaan generasi alfa memberikan penggaruh besar terhadap lingkungan sekitar, mereka mampu memberikan pemikiran-pemikiran yang cemerlang dalam suatu pembangunan.

  1. Berpikiran Kritis

Dalam pola pikir, generasi alfa jauh lebih aktif dan kritis. Mereka mempunyai alasan tersendiri dengan apa yang mereka pikirkan.

  1. Akrab Dengan Digital

Digital sudah merupakan suatu kebutuhan yang wajib bagi generasi alfa, mereka tidak bisa lepas dari dunia digital.

Contohnya saja saat pandemi ini, anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan smatphone atau laptop.

 

Kekurangan 

  1. Tidak Dapat Lepas Dari Internet

Generasi alfa ini tidak bisa lepas dari ketersediaan internet, dalam 24 jam sehari mereka tidak bisa jauh dari jangkauan internet. Dalam hal ini aktivitas mereka banyak yang mengharuskan mereka menggunakan internet, mulai dari pendidikan, sosial, hiburan dan kegiatan lainnya yang masih berhubungan dengan internet.

  1. Lebih Menyukai Sesuatu Yang Instan

Lahir dengan kondisi yang serba tersedia menjadikan generasi alfa malas dalam melalui sebuah proses yang membutuhkan waktu lama.

Mereka cenderung menyukai sesuatu yang instan dibandingkan harus melalui proses yang panjang dan melelahkan.

  1. Tidak Memiliki Loyalitas

Generasi Alfa biasanya bersifat oportunitis, selama ada hal yang menguntungkan bagi mereka maka segala macam jalan akan mereka ambil.

Bagaimana Cara Mendidik Generasi Alpha?

  1. Menanamkan Norma Agama Sejak Dini

Akses teknologi yang pesat membuat Anak terpapar informasi apapun baik positif maupun negatif. Hal ini membuat orang tua harus waspada karena informasi negatif di internet banyak sekali. Dengan ilmu agama yang baik, maka Anak akan bisa membentengi dirinya dengan baik pula. 

  1. Membimbing Anak dalam Berbagai Hal

Perhatikan Anak dalam kehidupannya sehari-hari, pantau perkembangan dan tingkah lakunya. Apabila Anak melakukan hal negatif, maka beritahu bahwa yang dilakukannya itu tidak baik. Sebaliknya, bila hal positif yang ia lakukan, maka Anda juga harus memberikan apresiasi.

  1. Menjadi Role Model yang Baik Untuk Anak

Generasi alpha memerlukan sosok yang ingin mereka tiru. Apa yang mereka lihat sejak dini, itulah yang akan mereka lakukan di kemudian hari. Untuk itu, jadilah role model yang baik untuk Anak Anda. 

  1. Menciptakan Iklim Keluarga yang Positif

Hal ini berkaitan dengan hubungan keluarga yang harmonis, sehingga Anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang penuh dengan kasih sayang.