Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Kemampuan Mental Aritmatika Anak

Seiring perkembangan zaman saat ini, kemampuan Anak dalam  menghitung dan memecahkan masalah secara Mental Aritmatika meningkat. Dari menghitung penjumlahan dan pengurangan sederhana hingga mengingat akar kuadrat dari bilangan bulat, Mental Aritmatika terdiri dari teknik pembelajaran khusus yang membantu Anak dalam memecahkan masalah matematika dengan cepat. Berikut cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan Mental Aritmatika Anak.

 

  1. Membuatnya lebih mudah

Yakni dengan membuat strategi dalam membantu Anak untuk menyederhanakan masalah matematika yang ia dapatkan. contohnya:  jika 791 + 540, akan lebih mudah untuk menjumlahkan dengan 9 hingga 800 sehingga lebih mudah untuk dihitung. Sekarang  800 + 540 = 1340, dan hitung tambahan 9 untuk mendapatkan jawaban yang benar yakni  1331.

 

  1. Kurangi Dengan Menambahkan

Hal ini bisa Anda Ajarkan kepada Anak  Anda, berdasarkan hubungan antara penjumlahan dan pengurangan. Setelah strategi ini dipahami dengan baik, Anak tidak perlu menghafal pengurangan. Misalnya, jika masalahnya adalah mencari selisih antara 14 dan 8, untuk menguranginya, pikirkan “8 ditambah apa yang membuat 14?” Dengan kata lain, pikirkan nomor hilang yang harus ditambahkan; 8 + ___ = 14.  Adapun Jawabannya adalah  14 – 8 

 

  3. Perkalian yang di buat sederhana

Adapun dalam mengalikan angka dapat menjadi tantangan bagi Anak. Jadi hal yang harus dilakukan adalah dengan menyederhanakannya agar mudah dipahami. Berikut salah satu tip perkalian yang bisa di terapkan :

Jika salah satu angkanya genap, Anda dapat membagi angka pertama menjadi dua, lalu menggandakan angka kedua. 

Contoh:

20 x 120 juga bisa diselesaikan dengan membagi 20 dengan 2 yaitu 10 dan menggandakan 120 yaitu 240. Kemudian kalikan kedua jawaban tersebut

jawabannya adalah 10 x 240 = 2400.

 

Source :

https://www.prodigygame.com/main-en/blog/5-tricks-help-improve-students-mental-math-ability/

Ditulis ulang oleh Wais