Cara Sederhana Menumbuhkan Cinta Tanah Air pada Diri Anak

Rasa cinta tanah air perlu ditanamkan pada anak sejak dini dan sudah seharusnya Anda berupaya memperkenalkan budaya nasional kepada anak Anda, agar mereka mencintai tanah air dengan senang hati. Salah satu cara untuk mengajarkan dan memaknai cinta terhadap  tanah air, Anda bisa menerapkan cara berikut.

 

  1. Menjadi teladan untuk anak

Hal yang bisa Anda lakukan  pertama adalah  mencintai budaya asli leluhurnya atau budaya daerah setempat di mana Anda tinggal. Ketika anak melihat teladan dari orang tuanya, maka anak akan meniru dengan senang hati.

  1. Mengikutkan anak les keterampilan

Anda bisa mengikutsertakan putra atau putri Anda ke dalam ekstrakurikuler sekolah atau sanggar-sanggar kesenian yang merupakan salah satu cara dalam memperkenalkan sekaligus untuk mempelajari keterampilan-keterampilan kesenian daerah, tidak hanya dari daerah asal Anda tetapi juga kesenian dari daerah lain.

  1. Mencoba Makanan dari Daerah yang Berbeda 

Mungkin tiap seminggu sekali Anda bisa mengajak anak mencari tema makanan daerah yang dapat Anda coba untuk menu istimewa di akhir pekan. Nasi Gudeg ala Yogyakarta untuk sarapan di Minggu pagi, Rawon Surabaya, masakan Padang yang pedas, ayam Betutu khas Bali, untuk kesempatan berikutnya.

  1. Bangga memakai produk asli buatan Indonesia

Tunjukan kepada anak Anda produk-produk dalam negeri dan bangga memakai produk buatan tersebut. Memakai produk buatan dalam negeri merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menunjukan rasa cintanya kepada tanah air.

  1. Memperkenalkan Anak dengan Aneka Pakaian Tradisional Indonesia

Dalam memperingati hari Kartini atau 17 Agustus di sekolah, anak biasanya akan diminta mengenakan pakaian tradisional. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan indahnya budaya masing-masing daerah. Jelaskan dari mana asal mula atau inspirasi baju-baju yang mereka kenakan tersebut.