Kenali Jenis-jenis Kecerdasan Anak Anda, Yuk Dukung dan Kembangkan!

Kecerdasan yang anak miliki bukan hanya sekadar kemampuan dalam mengenal angka dan mahir berhitung, setiap anak memiliki kecerdasan nya masing-masing. Ada 9 bentuk kecerdasan menurut Horward Gardner, atau disebut juga kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Sembilan kecerdasan majemuk tersebut adalah kecerdasan musikal, naturalis, linguistik, interpersonal, intrapersonal, visual spasial, logika matematika, kinestetik, dan moral.

  1. Kecerdasan Bahasa

Kecerdasan bahasa meliputi kemampuan anak untuk mengolah kata, tata bahasa, serta menuangkan informasi dan ide menggunakan tulisan. Anak yang memiliki kecerdasan bahasa atau linguistik ini tampak kuat dalam hal mengingat kata-kata, mudah bercerita meski kalimat yang diucapkan belum jelas, maupun suka membaca buku.

Dalam mengembangkan kecerdasan bahasa anak, orang tua dapat mengajaknya bernyanyi, sering mengajak anak mengobrol, dan sering bermain kata.

  1. Kecerdasan Logika Matematika

Kecerdasan logika matematika meliputi kemampuan berpikir logis, memahami sebab akibat, suka teka-teki, serta ketertarikan terhadap angka. Kecerdasan majemuk ini dapat ditunjukkan dengan ketertarikan si Kecil pada analisis masalah angka. 

Nah, untuk merangsang kecerdasan tipe ini, orang tua dapat mengenalkan konsep angka dan berhitung sedini mungkin, mengajak anak melakukan permainan strategi, serta melakukan percobaan ilmiah sederhana.

  1. Kecerdasan Visual dan Spasial

Kecerdasan visual dan spasial. Kecerdasan tipe ini meliputi kemampuan mengenali objek dan bentuk, pola, posisi, mudah membaca peta dan denah, serta mampu berpikir secara kreatif.  Anak yang memiliki kecerdasan ini mudah untuk mengingat gambar, wajah seseorang, gerakan yang dilihat, pola, maupun tekstur. 

Cara mengembangkan kecerdasan visual dan spasial pada anak adalah dengan mengajaknya menggambar, membuat karya, membangun dari balok, menyusun puzzle, mengajarkan arah serta berbagai bentuk motif.

  1. Kecerdasan Kinestetik (Gerakan)

Kecerdasan kinestetik meliputi kemampuan koordinasi gerak tubuh yang baik dan sangat menikmati kegiatan fisik.  Anak yang memiliki kecerdasan ini senang melakukan berbagai aktivitas fisik, misalnya saja olahraga, berlari, menari, bermain sepeda. Mereka jarang menyukai aktivitas yang hanya duduk diam.

Anda dapat mengembangkan kecerdasan majemuk kinestetik ini kepada Anak dengan cara , mengajak Anak melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berlari, menari, berlatih keseimbangan tubuh, dan menirukan berbagai gerakan tubuh seperti pantomim.

  1. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan ini meliputi kepekaan tinggi terhadap nada, cepat menghafal irama dan lagu, dan senang bernyanyi. Kecerdasan musikal dapat diasah dengan cara mengajari anak bermain alat musik dan mengajak bernyanyi. Melalui latihan yang diajarkan, nantinya Anak akan mampu menganalisis  nada hingga menciptakan lagu.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan berhubungan baik dengan orang lain, memahami perasaan orang lain, dan menikmati keberadaan di tengah-tengah kelompok. 

Kecerdasan interpersonal berhubungan dengan keterampilan sosial atau interaksi dengan orang lain. Cara mengembangkan kecerdasan majemuk ini adalah dengan mengajak anak beraktivitas bersama orang-orang baru, mendorongnya untuk berinteraksi dengan orang lain, serta mengikutsertakan anak dalam bakti sosial.

  1. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan mengenali diri sendiri, mengekspresikan perasaan, percaya diri, dan mampu mengatakan apa yang disukai dan tidak disukai.  Dengan memiliki kecerdasan ini, anak dapat mengetahui potensi, punya tujuan dan mampu mengendalikan keinginannya. Untuk mengembangkan kecerdasan majemuk ini, orang tua dapat melatih Anak untuk tekun dan bertanggung jawab atas tugasnya, serta mempercayakannya terhadap tugas-tugas tertentu.

  1. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis ini meliputi ketertarikan mempelajari alam serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan, hewan, tumbuhan, dan luar angkasa. Anak yang memiliki kecerdasan naturalis yang menonjol akan tertarik untuk memahami semua jenis makhluk hidup yang dilihat. Dalam mengasah rasa penasarannya dan mengembangkan kecerdasan naturalis Anak, orang tua bisa mengajaknya untuk memelihara tumbuhan atau hewan, berwisata di alam, dan memaparkan ilmu seputar alam.

  1. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan eksistensial adalah salah satu kecerdasan majemuk yang tampak ‘berat’ untuk anak-anak.  Pada tipe kecerdasan ini, anak senang mengajukan pertanyaan dan mencari jawaban mendalam tentang keberadaan manusia. Misal, “Mengapa kita hidup?”, “Apa itu kematian?”, dan lainnya.