Manfaat Kompetisi Untuk Perkembangan Anak Anda

Bagi beberapa orang tua, berkompetisi untuk anak tidak diperlukan, karena kompetisi dianggap hanya memberi tekanan pada anak untuk harus menuju kemenangan, dan akan membuatnya kecewa jika kalah. 

Dalam hal ini kompetisi dibutuhkan untuk perkembangan anak. Selain untuk belajar tentang menang dan kalah, berkompetisi juga dapat meningkatkan keterampilan yang dapat mereka gunakan saat dewasa nanti, seperti bergantian, empati, dan ulet. Berikut manfaat kompetisi berkaitan dengan perkembangan anak Anda.

  1. Dapat Mengajarkan anak bertanding secara sehat

Berkompetisi pada dasarnya dapat mengajarkan anak untuk bertanding secara sehat. Ketika mereka tidak mengikuti aturan dan bermain curang, anak akan kehilangan kesempatan untuk maju. Membuat semua usahanya jadi sia-sia.

  1. Anak Belajar pentingnya kerja keras

Mengikutsertakan anak dalam kompetisi, anak bisa melihat bahwa latihan, kerja keras dan ketekunan akan menuai hasil. Sukses tidak harus selalu menang, tapi juga ketika berhasil mencapai target yang lebih baik dari sebelumnya.

  1. Menguji batas kemampuan anak

Kita tidak akan pernah tahu seberapa besar kemampuan kita, sampai akhirnya diuji untuk membuktikannya. Hal yang sama terjadi pada anak. Ketika dihadapkan dengan kompetisi yang sehat, anak akan berusaha mencari solusi terbaik yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikir olehnya.

  1. Menerima kekalahan

Begitu banyak pelajaran yang bisa diambil dari sebuah kegagalan. Mulai dari bangkit kembali, berani mengambil kesempatan dan tetap optimis pada saat terburuk. Anak mungkin tidak selalu sukses saat menghadapi kompetisi. Kekalahan memberikan kesempatan untuk mengajarkan anak bahwa tidak semua hal di dunia ini bisa didapatkan dengan mudah. Anak jadi termotivasi untuk lebih baik lagi ke depannya dan tidak mudah menyerah.