Membangun Rasa Cinta Anak Pada Alam Sejak Dini

Dear parents..Anak merupakan generasi penerus yang akan datang,  dan dalam proses tumbuh kembang mereka juga membutuhkan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan anak secara optimal, sehingga kita perlu mengajarkan dan menanamkan sifat mencintai lingkungan kepada mereka sejak dini. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, isu lingkungan seperti global warming dan limbah semakin berkembang.

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki kepribadian yang baik, entah kepada sesama manusia ataupun memperlakukan alam yang ada disekitar. Untuk membentuk kepribadian anak yang baik, maka dibutuhkan pola didik yang tepat kepada anak dan di situlah peran orang tua dibutuhkan dalam hal membimbing. Ada banyak hal yang bisa Anda ajarkan kepada anak-anak Anda, yang salah satunya berkaitan dengan alam berserta lingkungan sekitar.

Rasa mencintai lingkungan dan alam mungkin tidak tumbuh dengan sendirinya, namun diperlukan pengenalan serta pembiasaan kepada anak agar menghargai lingkungan dan alam  dengan berbagai cara yang baik. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan alam kepada anak anda, agar bisa menumbuhkan rasa cinta dan menghargai alam adalah sebagai berikut.

 

  • Ajak Anak Anda untuk Memperhatikan Alam Sekitar

Anda dapat mengajarkan anak untuk lebih dekat dan menumbuhkan rasa mencintai lingkungan, hal ini dapat Anda lakukan dengan tidak perlu ke tempat yang jauh dari tempat tinggal. Anda bisa mengajak anak untuk keluar rumah dan melihat kondisi lingkungan dan alam sekitar, seperti mengajaknya ke taman yang dekat dengan lingkungan rumah. Anda bisa mengenalkan jenis-jenis bunga dan pepohonan yang ada di taman tersebut kepada anak Anda. Dan Anda bisa mengenalkan beberapa hewan seperti kupu-kupu ataupun hewan lainnya.

  • Ajarkan Anak Anda Untuk Menghemat Air dan Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Ajarkan anak Anda untuk hemat dalam pemakaian air, mematikan barang elektronik yang tidak digunakan, mematikan lampu di ruangan, dll. Hal itu adalah beberapa contoh perilaku yang dapat Anda ajarkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

  • Jadikan Contoh yang Baik Untuk Anak

Anak memiliki cenderung meniru perilaku orang-orang terdekat mereka. Anda bisa memberikan contoh yang baik tentang perilaku untuk menjaga lingkungan dan alam sekitar, seperti: membuang sampah pada tempatnya, hemat menggunakan air dan listrik, mengajarkan untuk menanam pohon serta hal baik lainnya kepada alam yang bisa Anda contohkan kepada Anak Anda.

  • Ajarkan Anak Untuk Mendaur Ulang

Anda dapat mengajarkan anak untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Ajak anak untuk membuat mainan dari barang-barang bekas seperti dari bahan kardus yang dapat didaur ulang untuk dibuat mainan.

Itulah beberapa cara yang orang tua bisa lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta alam pada diri anak Anda sejak dini.