Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memberikan Motivasi Belajar untuk Anak

Pentingnya kesadaran dan peran orang tua terhadap tanggung  jawab  sebagai  pendidik sangatlah  mempengaruhi  perkembangan  diri  anak. Dalam  hal  ini,  orang tua adalah wadah pertama dan fundamental bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam menjalankan fungsinya sebagai pendidik untuk mendukung keberhasilan  belajar anak, perlu adanya dorongan atau motivasi dari keluarga terutama orang tuanya sebagai pendidik utama.

Motivasi adalah syarat mutlak dalam belajar, oleh karena itu orang tua senantiasa memberikan motivasi kepada anak agar lebih giat belajar dan juga berprestasi. Motivasi belajar dari orang tua merupakan salah satu bentuk nyata pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya.

Namun sayangnya, saat ini kebanyakan para orang tua menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada lembaga sekolah. Padahal seharusnya orang tua memberikan perhatian dan semangat belajar tinggi sehingga dapat memunculkan motivasi belajar anak. Orang tua harus bekerja sama dengan sekolah bagaimana memahami kurikulum dan memberikan pengajaran saat mendampingi anak. 

Dalam hal ini peran orang tua sangat penting dalam menemani, memberikan motivasi serta  mendampingi anak saat belajar. Saat mendampingi anak belajar, orang tua harus siap memberikan pertolongan dengan membantu kesulitan yang dihadapi anak, mengatasi masalah belajar, memberi dukungan kepada anak dan menjadi teladan bagi anak-anak. Adapun motivasi belajar yang di berikan oleh orang tua lah yang dapat  membuat anak menjadi lebih percaya diri untuk berprestasi dalam bidang akedemik dan non akademik.