Tips Membangun Keharmonisan Hubungan Orang tua dan Anak

Tips Membangun Keharmonisan Hubungan Orang tua dan AnakHubungan baik antara anak dan orang tua merupakan hal penting, karena pada dasarnya, keharmonisan antara orang tua dan anak adalah kunci utama dalam membangun kehangatan suatu hubungan dan menjaga ikatan keluarga.

Namun tidak jarang juga terjadi, hubungan antara orang tua dengan anak tidak berjalan harmonis. Biasanya pemicunya berawal dari kesalahpahaman. Ini tentu hal yang wajar, namun jika dibiarkan tentu akan berdampak semakin buruk. Dan akan menjadi masalah yang serius dalam keluarga.

Berikut, tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga keharmonisan hubungan orang tua dan anak

 

  1. Memberikan sentuhan kasih sayang

Anda bisa lebih sering memberikan sentuhan kepada Anak, karena dengan sentuhan dapat menyalurkan rasa sayang Anda ke mereka. Sentuhan dapat meringankan rasa sakit, mengurangi kecemasan, meringankan tekanan kehidupan, membangkitkan harapan, dan menyembuhkan. 

  1. Memberi Dukungan Pada Anak

Ketika anak sedang mengalami kesulitan atau masalah, Anda jangan bersikap tidak peduli apalagi membiarkannya. Melainkan Anda harus memberikan dia dukungan, dengan menunjukan rasa peduli. Maka perasaan mereka akan lebih baik. Dan masalahnya akan terasa ringan. Walaupun mereka memiliki banyak teman namun, dukungan dari orang tua sangatlah penting dan lebih dibutuhkan.

  1. Menjadi panutan Bagi Anak

Adapun menurut sebagian orang, baik buruknya seorang anak adalah cerminan dari kedua orang tuanya. Namun itu hanya sekedar pendapat bisa iya dan bisa tidak.

Karena hal tersebut, penting bagi orang tua untuk menjadi panutan bagi sang anak. Perkembangan emosi dan edukasi pada anak biasanya terjadi sejak mereka kecil.

  1. Menjadi teman ngobrol

Mengobrol bukan berarti saling bersahutan suara saja. Yang paling penting dilakukan saat mengobrol adalah kontak mata Anda dan anak. Ini menandakan komunikasi yang dilakukan mengutamakan keterbukaan. Anda bisa bertanya kepada anak Anda bagaimana harinya di sekolah, apa yang membuat ia senang atau sedih di hari itu.  Pastikan Anda mengetahui, apakah hari anak Anda berjalan dengan baik atau tidak.