Tips Sukses Hadapi Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru dimulai, orang tua juga harus mempersiapkan mental dan kemandirian sang anak. Yuk berikut tips sukses hadapi tahun ajaran baru.

 

Rutinitas Pagi

Tahun ajaran baru sekolah biasanya membuat kebiasaan anak berubah. Salah satunya kewajiban bangun pagi. Maka biasakan anak dengan rutinitas di hari-hari sekolah seperti bangun pagi, mandi, sarapan dan lainnya.

Melatih Kemandirian Anak 

Latih kemandirian anak dalam memenuhi kebutuhannya sendiri. Misalnya untuk anak TK latih dia membuka kotak makanannya sendiri sehingga tidak bergantung pada guru.

Kenyamanan saat berada di Sekolah

Latih anak untuk tahu apa yang harus dia lakukan jika dia perlu ke toilet. Ajarkan untuk mandiri ke toilet. Lalu latih anak jika ada teman yang mmebuatnya tidak nyaman.

Memperkenalkan Sekolahnya kepada Anak 

Sebelum memulai hari masuk sekolah, bawa anak berkunjung ke calon sekolahnya untuk mengenali lingkungan barunya. Cara itu bisa membuat anak lebih mudah beradaptasi.

Mempersiapkan Mental Anak 

Anak yang sudah terbiasa mandiri di rumah, akan memiliki mental yang lebih kuat dibanding anak yang di rumah masih banyak dibantu/dilayani oleh orang tuanya. Orang tua bisa melatih kemandirian anak sesuai kemampuan usianya untuk mempersiapkan mental anak.