Yuk Simak, Tips Menjaga Kesahatan Mata Anak Selama Belajar Online

Indonesia saat ini masih dilanda pandemi Covid-19 dan telah menyebabkan banyak perubahan khususnya dalam hal pembelajaran. Hal ini dapat kita lihat dengan metode yang telah di tetapkan oleh pemerintah yakni belajar dari rumah melalui sistem daring, dengan adanya sistem ini, anak lebih sering menatap layar gedget ataupun laptop dan hal ini dapat membuat mata anak menjadi lebih rentan untuk lelah. Kemajuan teknologi dengan perangkat digitalpun telah memungkinkan anak-anak tetap bersekolah secara online dan bertatap muka dengan guru serta teman-temannya. Yang mana penggunaan layar saat ini sering menjadi rutinitas anak. Berikut tips yang bisa parents terapkan untuk menjaga kesehatan mata anak selama belajar online.

  • Jaga jarak layar Laptop ataupun Gadget

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah menjaga jarak antara mata anak dengan layar, karena jika terlalu dekat dengan layar akan mengakibatkan mata tegang. Pastikan jarak mata Anak Anda ke layar ketika belajar daring setidaknya 50 cm.  

  • Membiasakan Anak untuk belajar dengan posisi duduk yang tegak 

Salah satu penyebab kerusakan mata adalah karena terbiasa membaca atau belajar dengan posisi tiduran, sehingga menghalangi cahaya masuk secara optimal. Untuk itu, posisi duduk tegak merupakan posisi ideal untuk menunjang cara kerja mata anak.

  • Rutin memberikan vitamin

Hal yang dapat Anda lakukan  sebagai orangtua untuk menjaga mata sang buah hati adalah dengan memberikan vitamin khusus untuk kesehatan mata anak. Sama seperti sistem imunitas tubuh, kesehatan mata anak juga perlu dijaga dengan rutin mengkonsumsi vitamin. Seperti membeli suplemen vitamin A khusus anak.

  • Menggunakan  kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi juga akan melindungi mata Anak anda dari radiasi layar laptop. Karena dari radiasi itu dapat mengakibatkan mata menjadi minus. 

  • Rajin mengonsumsi buah dan sayur

Menjaga kesehatan mata tidak hanya dilakukan dari luar saja, namun juga dari dalam. contohnya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A. Vitamin tersebut dapat menjaga kesehatan mata.  

Itulah tips yang bisa parents terapkan untuk  menjaga kesahatan mata Anak selama belajar online.